MAHASISWA PEDULI RAKYAT TALIABU (MALUKU UTARA) GORONTALO

Perihal: Undangan Gorontalo, 10 April 2017

Kepada Yang Terhormat,

Seluruh Elemen Gerakan Peduli Rakyat

-Di Tempat.

Salam Perjuangan….!!!

Baca juga: Mahasiswa Peduli Rakyat Taliabu (MAPERTA) Gorontalo

Sejak Negara indonesia Merdeka, tidak pernah lepas dari Problematika sosial yang tak lain menyangkut dengan Exploitasi Sumber Daya Alam dan pelanggaran HAM. Salah satunya adalah   PT. ADIDAYA TANGGUH. Sampai saat ini perusahaan tersebut melakukan aktivitas pertambangan di Kab. Pulau Taliabu (Maluku Utara), persoalannya perusahaan  belum mengantongi Izin Usaha Pertambangan (IUP). Dan sampai saat ini belum ada ganti rugi lahan pertanian masyarakat Taliabu yang rusak akibat aktivitas pertambangan tersebut.

Saat masyarakat Taliabu mencoba mencekal aktivitas mereka dalam hal ini melakukan penggusuran lahan pertanian yang sudah ditanami beberapa tanaman oleh masyarakat Taliabu, aksi masyarakat Taliabu dihadang langsung oleh aparat KEPOLISIAN dan TNI dengan dalih masyarakat harus bergerak sesuai dengan prosedur Hukum yang berlaku, kemirisan ini sanggat merusak logika rasionalitas berpikir manusia, Pihak pertambangan yang mengelolah biji Besi di Kab.Pulau Taliabu. PT. ADIDAYA TANGGUH semenjak kehadirannya di pulau Taliabu terhitung sejak tahun 2007, sama sekali tidak melakukan sosialisasi kepada masyarakat pulau Taliabu. Tuntutan masyarakat terhadap ganti rugi lahan tidak di indahkan oleh pihak pertambangan, bahkan setelah melakukan beberapa kali aksi, walhasil berujung dengan tindakan kekerasan (pemukulan) oleh aparat kepolisian terhadap beberapa orang masyarakat pulau Taliabu. Bahkan ironisnya aparat kepolisian yang di datangkan oleh PT. ADIDAYA TANGGUH dari Kab. Kepulauan Sula (Sanana) Provinsi Maluku Utara, melakukan penyergapan dan pengrusakan terhadap rumah warga tepatnya di Desa Todoli {salah satu Desa di Kab. Taliabu}  dan melakukan tindakan pemukulan terhadap masyarakat setempat. 

Baca juga: Mahasiswa Unjuk Rasa, Menolak Tindak Kekerasan Kepolisian Terhadap Warga Taliabu

Berdasarkan kasus diatas maka kami yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Rakyat Taliabu (MAPERTA) Gorontalo, menganggap perlu untuk melakukan  Setingan Aksi menyangkut kasus tersebut di Atas, sebagai bentuk kepedulian bersama.

Untuk itu kami mengharapkan delegasi dari organisasi yang Saudara/i, Pimpin untuk menghadiri kegiatan dimaksud yang akan dilaksanakan Pada:

Hari/Tanggal : Rabu, 12 April 2017

Waktu : 19 -30 Wita S/d Selesai

Tempat : Sekretariat Hipmi-Malut

Alamat : Jl. Dewi Sartika, Samping Kampus UNG

Kontak Person : 1. Bahar (082293386118)

: 2. Iliyadi (085255388541)

: 3. Jack    (081242732229) 
Demikian, surat undangan yang kami sampaikan, semoga Tuhan selalu menyertai niat baik kita selama kita berada di jalur kebenaran. Amin

Hormat Kami

Ketia Aliansi                         Sekretaris
 Baharudin Iliyadi Thaib

Iklan