Iliyadi Thaib

(Sekretaris MAPERTA Gorontalo)

Salam Perubahan!

Macarita – Maluku Utara merupakan kebanggan kita semua. Hal ini karena Maluku Utara adalah Icon terpenting dalam ekonomi dunia, sehingga historycal maluku utara pernah di jajah oleh inggris, belanda maupun jepang.

Apa sebetulnya yang membuat bangsa lain memperebutkan Maluku Utara? Ternyata Maluku utara menyimpan hasil alam yang begitu besar bahkan menjamin masa depan Rakyat RI.

Baca Juga; Kami Mahasiswa di Gorontalo Menolak Keras Tindak Pelanggaran HAM di Kab. Taliabu

Salahsatu yang dimaksud adalah Kab. Pulau Taliabu. sejak tahun 2007, beberapa perusahaan masuk dan menggarap, bahkan menghegemoni Alam di Pulau tersebut. Hari demi hari, bahkan Tahun demi tahun, eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam semakin mengeras. Anehnya Kekayaan alam yang begitu besar menjadi bencana bagi masyarakat disekitar lingkar tambang. Berawal dari dampak lingkungan, penggusuran tanah adat, pengrusakan rumah warga hingga adanya kekerasan yang mengakibatkan korban mengalami luka-luka.

Baca Juga; Mahasiswa Unjuk Rasa, Menolak Tindak Kekerasan Kepolisian Terhadap Warga Taliabu

Sejauh ini warga yang merasa terkekang dengan adanya Salah satu perusahaan yakni PT. ADIDAYA TANGGUH, mencoba melakukan aksi unjuk Rasa namun sampai saat ini belum ada respon positif dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten. Yang terjadi malah sebaliknya, terdapat adanya pemukulan, pengrusakan rumah warga oleh beberapa oknum polisi dan penangkapan beberapa masyarakat yang dianggap sebagai provokator. Sangat miris ketika tanah/harta yang pada hakekatnya milik masyarakat tetapi masyarakat sendiri terpaksa mengasingkan diri/lari keperkebunan (hutan) karena takut akan dipukul dan disiksa oleh oknum kepolisian didaerah setempat.

Bagi kami, Mahasiswa Peduli Rakyat Taliabu (MAPERTA)di gorontalo serta masyarakat di Area pertambangan, tidak menerima hal diatas terus merongrong kehidupan masyarakat Moloku Kie Raha.

Ingat bahwa tanpa PT. ADT masyarakat masi bisa hidup.

Baca Juga; MAPERTA Bergejolak Di Bumi Serambi Madinah

PT.ADT harus keluar dari pulau taliabu kalau tidak maka masyarak akan selalu mengalami kekerasan, terkurasnya sumber daya alam hingga habis. Olehnya itu, PT.ADT segera Keluar. (*)

Iklan