MacaritaDalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kabupaten Gorontalo Utara yang ke-X, Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara dalam hal ini diwakili oleh Dinas Pariwisata mengundang beberapa etnis yang tersebar di Provinsi Gorontalo untuk bisa berpartisipasi menampilkan budaya yang berasal dari daerah masing-masing.

Tentu ini merupakan suatu kebanggan yang tak terhingga dimana bisa menampilkan budaya daerah sendiri ke khalayak masyarakat Provinsi Gorontalo. Dalam hal ini Himpunan Mahasiswa Indonesia Provinsi Maluku Utara (HIPMI-MALUT) Di Gorontalo juga turut di undangan untuk bisa terlibat pada pergelaran budaya.

Sebagai Ketua Umum HIPMI-MALUT saya merasa sangat bangga dan penuh apreasiasi terhadap undangan yang telah diberikan, walaupun waktunya sangat singkat dan hanya 3 hari persiapan, tetapi saya menganggap ini sebagai peluang untuk bisa mengangkat nama Maluku Utara dan Organisasi HIPMI-MALUT khususnya budaya yang akan di tampilkan, agar seluruh warga masyarakat Gorontalo dan Sulawesi tahu bahwa Maluku Utara masih memegang erat budaya yang dibawa oleh nenek moyang mereka.

Dari sekian banyak etnis yang tersebar di seluruh Provinsi Gorontalo khususnya dari luar daerah , hanya 2 etnis saja yang bisa menampilkan budayanya masing-masing,, yaitu Etnis Maluku Utara dalam hal ini diwakili oleh HIPMI-MALUT di Gorontalo dan etnis Muna Sulawesi Tenggara yang diwakili oleh mahasiswa yang tergabung dalam Paguyuban Kab. Muna.

Sanggar “Kie Karama” Himpunan Mahasiswa Indonesia Provinsi Maluku Utara (HIPMIMALUT) Di Gorontalo menampilkan “TARIAN BARAKATI” dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kabupaten Gorontalo Utara yang ke-X. Tarian ini dipilih oleh anggota sanggar karena tarian ini menggunakan musik tradisional “TIFA SERAGI REBAB” yang merupakan alat musik tradisional dari Provinsi Maluku Utara.

Tarian Barakati mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari masyarakat Gorontalo dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, bahkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara turut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan berharap kerjasama ini bisa terus berlanjut. Untuk itu kami dari Himpunan Mahasiswa Indonesia Provinsi Maluku Utara (HIPMI-MALUT) Di Gorontalo menucapkan Selamat Ulang Tahun untuk Kabupaten Gorontalo Utara yang ke-X semoga tetap berjaya dan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, dan kami Himpunan Mahasiswa Indonesia Provinsi Maluku Utara (HIPMIMALUT) Di Gorontalo mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara yang telah mempercayai kami untuk bisa terlibat pada Festival Budaya tersebut.

Denga keterbatasan dan persiapan yang sangat minim tetapi kami tidak pernah pesimis, karena kami menganggap ini momen yang pas untuk bisa menampilkan budaya Maluku Utara ke semua orang dalam hal ini masyarakat Gorontalo dan Sulawesi

Kami dari Himpunan Mahasiswa Indonesia Provinsi Maluku Utara (HIPMIMALUT) Di Gorontalo meminta kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara untuk bisa membantu kami hal pengadaan baju-baju tarian dan alat musik tradisional Maluku Utara, Hal ini demi mengangkat nama Maluku Utara.(*)

Arsandi Arsad (Ketua Umum HIPMI-MALUT Di Gorontalo)


Baca Juga: Tarian Adat Khas MALUT “Barakati” di Pertunjukan Pada Festival HUT GORUT

Iklan