kapan_wisuda______by_monkeyonthebox

Oleh : Uki Miu

Macarita- Apa sih Mahasiswa itu? Apakah mereka yang hanya bisa duduk diam dalam kelas sambil mendengarkan dosen menjelaskan entah itu masuk dalam kepalanya atau hanya sekedar angin lewat belaka, atau mereka yang selalu aktif dalam berbagai kegiatan masyarakat dan juga aktif dalam kegiatan belajar-mengajar. Serta turun langsung untuk masyarakat, bahkan selalu siap pasang badan untuk membela masyarakat tertindas dari kaum penindas. Dari pertanyaan di itu mungkin anda sudah dapat mengklasifikasikan anda masuk dalam mahasiswa yang mana.

Baca juga : Apakah Saya Mahasiswa?

Seiring berjalannya waktu, banyak mahasiswa yang lupa dengan peran serta fungsinya sebagai mahasiswa dan yang lebih anehnya lagi ada mahasiswa yang tidak tau apa tujuannya kuliah, sunggah miris mendengarnya. Mahasiswa sekarang banyak yang hanya menghabiskan waktunya untuk berfoya-foya dan berusaha untuk memenuhi semua keinginannya tanpa mempertimbangkan apa saja yang menjadi kebutuhannya. Karena keinginannya itu mereka lupa dengan saudara-saudara yang jauh mereka, bahkan enggan untuk membantu saudara-saudara mereka yang selalu di tindas oleh kaum penindas.Mereka seakan-akan menutup kuping dan mata mereka dan acuh terhadap problema yang di hadapi saudara-saudara mereka.

Dengan masuknya glamor dunia Barat ke Indonesia, lebih membuat banyak mahasiswa yang menjadi seorang Hedonis, pergi kampus hanya untuk memperlihatkan fashion mereka. Mereka sangat suka menghabiskan uang untuk keinginan fashion dan sangat anti untuk mengeluarkan uang ataupun mengikuti hal-hal yang berbau keilmuan. Ini sangatlah miris kawan. Apa yang sebenarnya terjadi dengan mahasiswa sekarang? Ini adalah imbasan dari berlakunya NKK/BKK yang membatasi ruang gerak mahasiswa, sehingga banyak mahasiswa yang berpikir, “Beginilah kita Mahasiswa, harus masuk kuliah terus. Kalau tidak masuk nanti mau error atau di DO, karena tugas dari mahasiswa hanya belajar.”

Baca juga : Renungan Mahasiswa Hari Ini

Kata-kata begitulah yang sudah masuk dalam pikiran mahasiswa sehingga takut untuk keluar dari zona kampus, tanpa mereka berpikir mereka sudah di perbudak oleh para birokrat-birokrat. Mereka seakan takut untuk mengeksplor diri dan lebih suka terkukung dalam sebuah kandang yang di buat oleh kampus.

Sehingga mahasiswa saat ini sudah dapat di klasifikasikan menjadi 4 jenis mahasiswa, ada mahahasiswa yang akademis, apatis, hedonis, dan aktivis. Di mana pada saat ini mahasiswa yang lebih mendominasi kampus adalah mereka para akademis, apatis, dan hedonis. Yang bisa di katakan seperti budak kampus yang rela mempertarukan hak-hak mahasiswa mereka hanya karena takut ancaman-ancaman dari para birokrat.

Baca juga : Mahasiswa Mengontrol Ataukah di Kontrol?

Sekarang posisi kalian di mana kawan? Kita harus ingat peran kita sebagai mahasiswa yang di katakan  sebagai Agen Pengontrol, Agen Sosial, Agen Analisis dan Agen Perubah. Di mana pertama kita masuk kampus di katakan bahwa yang menggunakan kata “Maha” di dunia ini hanya 2, yaitu Mahakuasa dan Mahasiswa. Mahakuasa lebih tinggi dari kuasa-kuasa yang ada dan Mahasiswa lebih tinggi  derajatnya dari siswa-siswa yang ada.

Iklan