di-kampus-ini-mahasiswa-bisa-magang-sekaligus-berinovasi-K4xonVjxWJ
img.okeinfo.net

Dear Mahasiswa, Aku tulis surat cinta ini dengan tulus dan apa adanya, walaupun jelas surat cinta ini tak seindah surat cinta untuk starla milik seorang penyanyi ternama. Ini aku kata hatimu, suara yang muncul dari sumur yang paling terdalam yang namanya cita-cita, kali ini aku ingin bertanya, apa arti mahasiswa untukmu? apa arti kuliah bagimu?apakah hanya bentuk pelarian dari pada dinikahkan diusia muda? atau sekedar termotivasi gambaran kuliah seperti sinetron di TV? jalan-jalan, tas bagus, naik motor, pacaran, dan hura-hura?

Dear Mahasiswa, selamat atas gelar maha dari kesiswaanmu, selamat menjadi orng terpilih sebab diantara ratusan juta pemuda, hanya ratusan ribu yang nasibnya sama sprtimu, tak peduli bagaimana likumu. Apakah harus puasa senin kamis dulu? ingatlah akan doamu dlu, kamu brdoa agar bisa kuliah, maka jngan mudah resah, jngn merasa jadi orang yang paling susah ketika nanti menghadapi tugas-tugas kuliah.

Dear Mahasiswa, selamat kini kau telah dianggap sebagai manusia dewasa penuh talenta. Namun sadarilah, talenta bukan ssuatu yang jatuh dari langit begitu saja. Ia perlu kamu tempah, perlu dibina. Maka tidak bisa kamu isi waktumu dengan hura-hura dan pacaran saja, kalau sudah begitu, kamu mau jadi apa? muda hura-hura, tua sejahtera, mati masuk surga, itu bukan pikran cendekia.

Baca juga; Mahasiswa yang di rantau?

Dear mahasiswa, selamat smpai pada sebuah pintu. Pintu penentu kamu mau jadi orng atau jadi ketawaan orang-orang? ingatlah sebuah rumah megah bernama kesusksesan itu butuh pintu, belajarlah dari filsafat windows 🙂 kamu akan menemukan icon, di dalam icon ada folder, di dalam folder ada banyak file, didalam file ada artikel* takdirmu, jati dirimu. Kamu prlu klik, prlu cari, gagal lagi, gak ketmu, cari lagi. Jangnlah mudah menyerah, sebab orang tuamu tak prnah menyerah mencari nafkah. Sebab ibumu tak prnah lelah menggelar sajadah demi dirimu yang payah. Aku tau, masa muda ingin bebas. tak kenal tnpa batas, imajinasimu selalu lepas, tetapi ingat, bebas bukan berarti buas. berlakulah dengan hati tapi jangan bertindak sesuka hati. Sebab masa depanmu akan baik jika bisa mengendalikan diri, sebab banyak juga yang akhirnya masuk bui karena tak bsa mengndalikan hati. Aku tau, masa muda adalah masa penuh gairah cinta, tdk dosa untuk jatuh cinta. tetapi kehormatanmu harus dijaga,ia menawarkan beribu goda ajaran yang akhirnya masuk berita mahasiswa di grebek dengan pacarnya, mahasiswa membuang bayinya, mahasiswa membunuh pacarnya. Kalau sudah begtu? bisakah kamu bayangkan hati orang tua?

Dear Mahasiswa, saat ospek yang tak bisa dilupakan adalah wajah lugu dengan baju sederhana. Namun saat jadi mahasiswa? berlomba-lomba tampil menggoda,  tinjaulah diri dengan belenggu prestasi. Jangan hanya utamakan tampilan seksi, sementara orang tua sakit-sakitan kerja nguli. Tidak ada di ada-adakan, tdk mampu di mampu-mampukan. Sebab, tak sedikit yang ingin dipuji paling kaya sendiri, tetapi waktu registrasi malah nyari wadek 3 untuk minta dispensasi. tak sedikit yang jadi tanaman buah tapi tak berbuah, tanaman bunga tapi tak brbunga, semata-mata karena tak mau aktif berorganisasi, ataupun kalau ikut organisasi, tak bisa di pertimbangkan, mana yang bisa mendukung mencapai mimpi, akhirnya terjebak, terkatung-katung, tak mampu menyelesaikan studi.

Baca Juga; Dari Literasi Kita Membangun Peradaban

Dear Mahasiswa, jadikanlah nalarmu sebagai senjata, jadikan doamu sebagai panglima, dan jadikan hatimu sebagai raja.

Gorontalo, 12 Oktober 2017

Iklan