“Bangunlah pemuda, sudahi mimpi indahmu, negeri ini milik kita. Jangan hanya diam dan bungkam, jangan hanya bicara tanpa tindakan. Berdirilah dengan gagah dan berikan karya nyata”. (siswandi Tamala)

aksi Karang Taruna Kelurahan Biawao

Gorontalo_[Macarita-] Setiap pada tanggal 10 November bangsa indonesia memperingati hari pahlawan. (10/11/17) pukul 00 : 15 WITA, hal menarik dan mengharukan ditunjukan oleh  Karang Taruna Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan, Kabupaten Gororntalo, memperinggati hari pahlawan dengan cara berjalan sepanjang jalan kompleks 10 November dengan membawa lilin diiringi lagu wajib nasional Gugur bunga . Dimana sebagian banyak orang masih tertidur pulas, mereka mengawali hari dengan dengan semangat jiwa nasionalis sebagai pemuda.

Aksi Karang Taruna kelurahan Biawa dengan masa aksi  kurang lebih berjumlah 150 orang ini, menarik perhatian warga setempat. “Ini merupakan peringatan hari pahlawan yang ke-tiga kalinya oleh Karang Taruna Kel. Biawao” Ujar Santi Ambo (55), selaku Sekertaris Karang Taruna Kel. Biawao sekaligus kordinator aksi. menurut para pemuda yang ikut serta dalam kegiatan, hal ini akan mampu memberikan kesadaran khususnya bagi para pemuda agar tidak melupakan sejarah panjang para pahlawan merebut dan mempertahankan NKRI.

“diharapkan lewat momentum peringatan hari pahlawan, para pemuda daopat terhindar dari hal-hal negati seperti , terhindar dari narkoba, minuman keras, dan perjudian”, jelas Santi Ambo. “peringatan hari pahlawan oleh karang taruna kelurahan Biawao tidak hanya sampai disini, Besok hari kami akan melakukan tabur bunga di taman pahlawan dan juga akan menyelenggarakan kegiatan olahraga dan kesenian seperti sepak bola, catur, sepak takraw, volli, lomba menyayi, peragaan busana, dan lain-lain” sambung Santi Ambo. Karang Taruna kelurahan Biawao juga berharap, agar kita sebagai pemuda dapat menumbuhkan rasa cinta kita terhadap negara dan lewat peringatan hari pahlawan ini, nilai-nilai luhur para pejuang bangsa dapat diwarisi dan ditangkap penerusnya dengan sempurna.

Gorontalo, 10 November 2017

Penulis: Siswandi Tamala, Mahasiwa UNG, Fakultas MIPA. Aktif di HMI (MPO)

Iklan