Bill Gates

Macarita– William Henry “Bill” Gates III (lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat, 28 Oktober 1955). Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis (pencinta kemanusiaan), penulis, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Ia menduduki peringkat tetap diantara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009, tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga. Sewaktu kuliah Bill Gates beralmamater Universitas Harvard dan sekarang ia sudah tinggal di Medina, Washington.

Menyuntil Bill Gates tentunya tidak terlepas dari yang namanya “uang”, yang berkaitan erat dengan kapitalisme. Menurut Karl Marx (1818 – 1883), “Kapitalisme adalah hasil dari praktik reproduksi manusia”. Sedangkan menurut Jorge Larrain (1940), “Kapitalisme dicirikan oleh dominasi objek atas subjek, modal atas pekerja, kondisi produksi atas produsen, dan buruh mati atas buruh hidup “. Dari pengertian kapitalisme oleh dua tokoh diatas saya dapat menyimpulkan bahwa kapitalisme adalah paham yang memberhalakan uang (pembeda). Namun uang yang dimana menjadi rebutan pihak-pihak borjuis (elit) seperti tak bernilai dimata Bill Gates. Bayangkan saja!, pendapatan dari pemilik perusahaan Microsoft ini luar biasa yakni US$95 per detik atau sekitar Rp. 1.250.000 per detik. Hutang Indonesia yang sudah mencapai kurang lebih Rp. 3.000.000.000.000.000 (3 ribu triliun) itu bisa dilunasi oleh Bill Gates dalam jangka waktu 7 tahun 7 bulan 1 minggu 3 hari 18 jam 40 menit (kurang dari 8 tahun). Saran saya, sebaiknya Indonesia mendekati Bill Gates dan dijadikan teman akrab. Hehehe….

Selain itu, pendapatan Bill Gates dalam sedetik setara dengan 4,18 detik kecepatan cahaya (km). Perlu diketahui bahwa besar kecepatan cahaya adalah 299279,5 km/detik. Pendapatan Bill Gates dalam sedetik juga setara dengan uang kos-kosan (rata-rata) selama 3,57 bulan (rata-rata), dan dapat membeli rokok surya sebanyak 62 bungkus (itupun masih ada kembaliannya Rp. 10.000). Hehehe….

Dari penjelasan diatas saya dapat menarik kesimpulan bahwa kapitalisme bukan hanya diulek Bill Gates, tapi bahkan diludahi Bill Gates. WOW….!!! ***

Ternate, 6 Oktober 2017

Penulis adalah Mahasiswa Asal Tidore (MALUT) sekarang menjalani pendidikan S1 di STIKIP KIE RAHA Ternate, kesehariannya selalu bergelut dengan dunia membaca dan menulis

Iklan